Senin, 26 September 2016

Penjelasan Doa dan Dzikir Sholat : Takbiratul Ihram


TAKBIRATUL IHRAM (ALLAHU AKBAR)
Dari Ali radiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;
“Kunci sholat adalah bersuci, yang mengharamkannya adalah takbir, dan yang menghalalkannya adalah salam[1]
Penjelasan
Allahu Akbar maknanya Allah lebih besar dibanding segala sesuatu, dan selain Allah tunduk, rendah, dan kecil dibandingkan denganNya[2].
Disebutkan dalam an-Nihayah bahwa Allahu Akbar maknanya adalah Allah yang Maha Besar dikarenakan wazan Af’ala pada kata Akbar serupa dengan wazan Fa’iil. Seperti perkataan al-Farazdaq :
إن الذي سمك السماء بنى لنا بيتا دعائمه أعز وأطول
Sesungguhnya Dzat yang meninggikan langit membangun sebuah rumah bagi kita, tiang-tiangnya kuat dan panjang
Maknanya adalah : عزيزة طويلة kuat dan panjang.

Dikatakan juga bahwa maknanya adalah Allah Maha besar dari  segala sesuatu, yaitu yang Maha Mulia. Dan dihapus kalimat “dari segala sesuatu” karena sudah dimengerti oleh semua orang.
Ada juga yang memaknai bahwa Allah Maha besar dibandingkan kesombonganNya dan kemuliaanNya[3].
Untuk tambahan faidah lihat yang disebutkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di dalam Majmu’ Fatawa (12/112) dan (24/229) dan yang setelahnya.


diterjemahkan dari kitab : Fathul 'Alam

[1] HR Abu Dawud, Tirmidziy, dan al-Hakim mensahihkannya, disetujui oleh adz-Dzahabiy, dan ditakhrij dalam al-Irwa (301)
[2] Diambil dari Tafsir ath-Thobariy dan Tafsir Ibnu Katsir dalam berbagai tempat. Lihat dalam QS ar-Ra’d : 9, QS al-Hajj : 62, Saba’ : 23, dan QS Luqman : 30
[3] Perkataan ini apabila bukan termasuk tafsiran, maka merupakan kelaziman dari sifat Nya. Karena Allah Maha Besar dari keterbatasan ilmu sebagaimana dalam ayat yang artinya “Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakinNya.” (QS al-Baqarah : 255)

Related Posts

0 komentar: