Minggu, 29 Mei 2016

Cara Menciptakan Postingan Viral di Facebook



Coba bayangkan kalau Anda saat ini mengelola sebuah fanspage dengan juga likers berjumlah 15.000 namun setiap Anda posting hanya dilihat tidak lebih dari 10% dari keseluruhan jumlah fans. Manfaat postingan yang sudah Anda ketik dengan susah payah tidak tersampaikan dengan baik ke seluruh fans.
Lantas bagaimana cara membuat postingan yang menarik dan berpotensi VIRAL di fanspage facebook Anda, sehingga banyak dibaca oleh? Paling tidak ada 5 poin penting yang HARUS Anda perhatikan ketika menulis konten yang akan diposting.

Ini dia 5 poin penting yang HARUS selalu Anda ingat dan perhatikan :
1.         Pilihlah judul yang menarik
Pandangan pertama begitu menggoda, kurang lebih seperti itu fungsi judul bagi sebuah tulisan. Ketika melihat sebuah postingan, mata pembaca kebanyakan melihat judulnya. Bukan langsung membaca isinya. Oleh karena itu penting menentukan judul yang bagus, wah, membuat penasaran orang untuk membacanya. Tapi tetap perhatikan agar judul masih nyambung dengan isi tulisan. Agar pembaca tidak merasa tertipu dengan judul yang Anda buat.
Berikut ini beberapa contoh judul yang menarik :
“Satu Langkah Untuk Meraih Keridhoan Allah”
“Imam Shalat Berjama’ah Haruskah Yang Paling Tua?”
“4 Kunci Mendapat Jodoh Shalihah”
“Antara Banyak Membaca dan Mulai Menulis, Mana Yang Didahulukan?”
2.         Lengkapi Postingan Anda Dengan Gambar
Manusia diciptakan menyukai hal-hal yang menarik dilihat mata. Maka Anda tak perlu heran kalau ada orang yang mau membeli lukisan sampai ratusan juta harganya, karena lukisan itu begitu menarik di matanya. Oleh karena itu manfaatkan tabiat manusia ini dengan melengkapi postingan yang Anda buat dengan gambar.
Postingan yang disertai gambar dapat memancing respon pembaca 39% lebih banyak dibanding postingan yang hanya berupa teks. Pancing pandangan fans agar mau membaca postingan Anda dengan gambar yang menarik. Bisa gambar pemandangan, info grafis, gambar vector, fotografi dan yang lainnya. Asal masih nyambung dengan isi tulisan ya.
3.         Jangan Membuat Posting Yang Terlalu Panjang
Metode yang paling banyak dilakukan orang ketika membaca di media sosial adalah membaca cepat, atau sambil lalu. Postingan yang terlalu panjang akan membuat orang bosan dan dengan cepat men-skipnya. Seperti tulisan ini saja, Anda mungkin sudah menutupnya dari tadi kalau saja bukan karena isinya yang cukup bergizi. Cukupkan postingan Anda dengan 100 kata, kemudian bagi dalam beberapa paragraf singkat.
Atau kalau Anda terpaksa menulis postingan yang panjang, potonglah menjadi beberapa bagian dan posting secara berseri.
4.         Perhatikan waktu postingan Anda
Tidak semua orang online dalam dua puluh empat jam sehari, dari pagi sampai malam. Ada waktu-waktu tertentu ketika orang banyak mengakses media sosial. Postinglah tulisan Anda pada waktu-waktu tersebut. Mulai pagi dari jam 7-10, kemudian ketika waktu makan siang dari jam 12-14, serta sore hari mulai jam 15-17.
Sangat tidak disarankan bagi Anda untuk posting di atas jam 8 malam, atau waktu sepertiga malam terakhir. Karena itu waktu Anda untuk bertahajjud. ^-^
5.         Ajak Fans Anda Untuk Berinteraksi
Banyak orang ketika menulis, seolah-olah hanya menyampaikan apa yang dia pikirkan kepada pembacanya saja. Tidak berusaha mengajak pembacanya untuk ikut terlarut dalam tulisan yang dibuat.
Libatkan pembaca dalam tulisan Anda dengan menggunakan kalimat tanya maupun retoris. Contohnya:
“Shalat lima waktu itu gak berat kan, wong hanya 5 menit tiap shalatnya. Iya kan???”
“Bagaimana perasaan Anda coba kalau jadi saya, sudah saya siapkan pesta pernikahan yang super megah untuknya, tapi dia lebih memilih pergi dengan mantan pacarnya?”
Emosi Anda teraduk bukan, seakan Anda yang mengalami peristiwa di atas. Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang membuat pembaca berat meninggalkan postingan Anda. Karena mereka diajak berinteraksi dan ikut merasakan.
Bedakan dengan contoh yang kedua berikut ini :
“Shalat lima waktu itu gak berat, wong hanya 5 menit tiap shalatnya.”
“Sudah saya siapkan pesta pernikahan yang super megah untuknya, tapi dia lebih memilih pergi dengan mantan pacarnya.”
Jelas beda dengan contoh yang pertama kan. Pasti beda. Anda lebih tertarik dan senang ketika merasa dilibatkan bukan hanya sebagai pembaca saja.
Inilah 5 poin penting untuk membuat postingan yang menarik dan berpotensi viral di Facebook. Yang penting Anda selalu berkreasi untuk membuat postingan dengan memperhatikan rambu-rambu yang sudah dijabarkan di atas. Jangan lelah untuk mencobanya terus, karena Hayati saja yang boleh lelah. Kamu jangan.

Related Posts

0 komentar: